Istilah Dagang

Beberapa hari yang lalu di kantor pusat kembali muncul istilah Refaksi. Kebetulan karena ada karyawan baru sehingga dia menanyakan definisi dari istilah refaksi tersebut. Penggunaan kata refaksi jarang sekali terjadi di kantor pusat. Tapi amat sering digunakan di kantor cabang. Saat ditanyakan ke kantor cabang, penjelasannya sulit dimengerti. Akhirnya gw memutuskan buat googling mencari arti yg tepat dari kata tersebut.

Istilah refaksi mungkin jarang ditemui di usaha jasa seperti kantor gw. Tapi ternyata dalam usaha barang sering sekali dipakai. Menurut Dian4nggraeni dalam blognya berjudul Istilah istilah niaga menyatakan kalau Refaksi adalah potongan karena pada barang yang dikirim terdapat kesalahan mutu. Gw masih belum mengerti dengan jelas potongan apa yg dimaksud. Tapi secara garis besar gw udah bisa menangkap maksudnya. Pada dasarnya potongan harga yg terjadi karena jasa yg perusahaan gw berikan dibawah standar kualitas yg diharapkan. Semacam claim karena kesalahan dari perusahaan gw. Setelah di konfirmasi ke kantor cabang ternyata memang benar dugaan gw.

Tinggalkan Balasan

